Panduan Memberikan Nama Anak Menurut Rasulullah SAW

Panduan Memberikan Nama Anak Menurut Rasulullah SAW - Memberikan nama kepada anak memang tidaklah mudah biasanya banyak hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih nama bayi yang cocok dengan maksud nama tersebut selain enak didengar, enak diucapkan, enak dalam pelafalan namanya juga nama tersebut memiliki arti yang bagus, seperti anjuran Rasulullah SAW dalam memilih nama yang baik pada Hadits dibawah ini.

Dari Abu Darda’, ia berkata: Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya kamu sekalian akan dipanggil pada hari qiyamat dengan namamu dan nama ayahmu, maka baguskanlah nama kalian”. (HR. Abu Dawud juz 4, hal. 287, munqathi’, karena ‘Abdullah bin Abu Zakariya tidak bertemu dengan Abu Darda’)

Dari Hadits diatas sangat jelas bahwa Rasulullah SAW menganjurkan kepada kita untuk memberikan nama-nama yang baik karena nama adalah doa dan memilih nama yang baik dan bermakna untuk anak akan mempengaruhi jiwa dan kehidupan anak kita kelak.

Panduan Memberikan Nama Anak Menurut Rasulullah SAW


Untuk lebih lengkapnya mengenai panduan memberikan nama anak yang baik, simak tips memberikan nama anak dibawah ini.

Tips Memberikan Nama Anak Yang Baik

  1. Gunakan rangkaian nama yang merujuk kepada kebaikan sifat dan karakter.
  2. Gunakan rangkaian nama dari Asmaul Husna yaitu nama-nama Allah yang baik, untuk melihat rangkaian nama-nama bayi yang mengandung Asmaul Husna silahkan ke artikel ini Penggunaan Asmaul Husna Dalam Nama Bayi Islami.
  3. Gunakan nama-nama sahabar Rasulullah SAW dan nama-nama tokoh Sains dalam Islam yang bertujuan agar kelak buah hati kita memiliki kecerdasan dan keimanan yang baik seperti tokoh tersebut, untuk melihat nama-nama tokoh sains islam anda bisa membacanya di artikel ini Saran Nama Bayi Islami Dari Nama-Nama Tokoh Sains Islam.
  4. Hindari penggunaan nama yang menghambakan pada kekuatan lain selain Allah SWT, misalnya nama Abdul Qamar yang berarti Hamba Bulan atau nama Abdul Nar yang artinya Hamba api, juga pada nama-nama berhala, dewa atau dewi dan yang disembah oleh orang-orang kafir.
  5. Hindari nama-nama yang merupakan gelar maha besar atau nama yang maha tinggi dan bersifat tidak terkalahkan, seperti nama Malikul Malik yang artinya raja diraja, nama Haakimul Hukkaam artinya hakim segala hakim, karena kebesaran dan sifat maha tinggi hanyalah milik Allah SWT.
Itulah tips memberikan nama anak yang baik menurut islam, semoga bermanfaat dan selamat merangkai nama yang baik menurut islam.
Advertisement